Friday 7 September 2012

Cara Membuat Web E-Commerce


Website E-Commerce adalah website yang dibuat dengan tujuan utama untuk tujuan komersil menjual barang atau jasa di Internet. Diharapkan transasksi bisnis bisa berlangsung melalui media website. Atau paling tidak transaksi bisnis terjadi setelah melihat website tersebut.. Sebagai contoh website yang termasuk dalam kategori e-commerce dalam menjual barang adalah bhinneka.com, sedangkan dalam penjualan jasa adalah agunghoster.com.
Ada 2 jenis penjualan di internet, yaitu website yang hanya menampilkan katalog online dan yang menggunakan shopping chart. Website dengan katalog online hanya menampilkan keterangan barang, harga, dan gambar saja, sedangkan untuk membeli Anda harus menghubungi pihak pemilik usaha untuk melakukan order. Sedangkan website dengan shopping chart selain menampilkan katalog juga dilengkappi dengan sistem keranjang belanja sehingga untuk melakukan order Anda hanya cukup melakukannya melalui website tersebut dan semua barang belanjaan Anda akan dihitung otomatis oleh sistem dan sebuah invoice akan dikirim ke e-mail Anda.
Bagaimana cara membuat website e-commerce? Sepertinya sulit? Tapi tidak juga, karena Joomla! sudah siap digunakan dengan tambahan extension Virtual Mart. Anda mungkin berpikir pasti rumit untuk melakukan setting dan pengaturan di Joomla!. Nah sekarang Virtual Mart sudah mengeluarkan sebuah installer Joomla! yang sudah dibundle dengan VM, Anda bisa mendownloadnya di sini. Setelah install Anda akan mendapatkan website e-commerce lengkap dengan sample data dengan contoh produk dan website tersebut sudah siap digunakan.
Bagaimana cara menginstallnya? Sama caranya dengan menginstall Joomla! pada umumnya. Jadi selamat mengutak-atik website e-commerce Anda yang baru yah!


No comments:

Post a Comment