Friday 7 September 2012

Membuat Website Dengan Joomla Untuk Diakses Di Lingkungan LAN

Biasanya Anda membuat website untuk diakses secara pribadi di localhost, setelah jadi Anda mengupload website tersebut ke server tempat Anda hosting supaya bisa diakses orang lain yang terhubung dengan jaringan internet. Namun bisakah jika Anda membuat website yang hanya bisa diakses oleh orang yang terhubung dengan LAN di satu tempat? Misalnya Anda membuat website yang hanya bisa diakses oleh para karyawan di kantor Anda yang terhubung dengan LAN atau jaringan lokal perusahaan setempat, bagaimana caranya? Ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan. Tutorial ini akan membahas bagaimana agar website Anda dapat diakses melalui jaringan LAN.

Pertama, pastikan Anda mengetahui alamat IP dari komputer di mana web server Anda install. Untuk mengetahui alamat IP dari suatu komputer, silahkan membuka command promt dengan cara mengakses menu START WINDOWS --> run kemudian ketikkan “cmd” tanpa tanda petik. Setelah itu akan uncul jendela hitam cmd.exe. Kemudian ketikkan “ipconfig” tanpa tanda petik.

Alamat IP komputer Anda adalah yang ditunjukkan oleh Ipv4, dalam gambar di atas IP adalah 114.121.95.133. Biasanya kebanyakan LAN di set dengan range tertentu,misalnya 192.168.0.1 s.d  192.168.0.255, silahkan menghubungi administrator untuk mengetahui detil konfigurasi IP LAN di tempat Anda.

Yang kedua. Setelah Anda mengetahui IP komputer di mana webserver Anda install, jalankan webservernya. Anda dapat mengakses website joomla dari komputer lain di kantor Anda (tentu saja yang terhubung dengan jaringan LAN) dengan mengetikkan alamat di browser dengan alamat IP komputer di mana webserver dijalankan. Misalnya Anda menjalankan webserver di komputer dengan IP 192.168.0.21, maka Anda dapat mengakses dengan menuliskan URL di browser dengan alamat http://192.168.0.21:2009/websitenya . 192.168.0.21 adalah alamat IP dan 2009 adalah port untuk komunikasi website dan “websitenya” adalah folder di mana website joomla Anda install. Jika Anda belum berhasil mengakses website tersebut mungkin Anda perlu melakukan langkah ketiga.

Yang ketiga, lakukan konfigurasi pada webserver Anda. Tutorial ini ditujukan bagi Anda yang menggunakan webserver dari saya, jadi saya sarankan Anda menggunakan webserver ini, download di sini. Buka file pms_config.ini pada folder Local Server , kemudian edit pada baris 33 pada bagian [http]. Edit HostName dengan alamat IP komputer tempat webserver dijalankan. Perhatikan nomor port. Anda juga dapat mengganti port dengan angka lain.


Yang keempat, untuk joomla versi 1.0.x ada konfigurasi yang perlu di ubah di file configuration.php, pada bagian ini ganti sesuaikan dengan IP komputer tempat webserver dijalankan.
$mosConfig_live_site = 'http://192.168.0.21:2009/';



http://www.agunghoster.com/artikel-seputar-web-design-dan-cara-membuat-website/47-tutorial-joomla/102-membuat-website-dengan-joomla-untuk-diakses-di-lingkungan-lan-.html

No comments:

Post a Comment