Thursday 10 May 2012

CeBIT 2009



Salah satu pameran Teknologi Informatika terbesar selain Computex baru saja selesai dilaksanakan. Banyak hardware dan teknologi baru yang muncul di sini. Apa saja?

CEBIT 2009 adalah sebuah pameran Teknologi Informatika yang bisa disejajarkan dengan Computex. Namun jika Computex selalu diadakan di kawasan ASIA tepatnya di Taiwan, CeBIT diselenggarakan di kawasan Eropa yang tepatnya di Hannover, Jerman. Pameran CeBIT ini juga disebut-sebut sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Saat ini setidaknya 3 pameran Teknologi Informatika (TI) besar di dunia yaitu Computex, CeBIT, dan CES yang dilangsungkan di Vegas, Amerika Serikat. CeBIT 2009 sendiri telah dilaksanakan pada 2 maret sampai dengan 8 maret. CeBIT adalah singkatan dari Centrum der Buro- und Informationstechnik dalam bahasa Jerman dan jika diartikan dalam bahasa Inggris adalahCentre of Office and Information Technology. Acara tersebut berlangsung sukses dengan dihadiri lebih dari 4300 perusahaan dari 69 negara yang berbeda. Untuk pengunjung, diperkirakan 400.000 orang, memang menurun dari tahun lalu sebanyak 20% yang memang sudah diperkirakan karena krisis global yang melanda kawasan Amerika dan Eropa.

HARDWARE DAN TEKNOLOGI BARU 
Memang dalam setiap pameran Teknologi Informatika (Ti) di dalamnya selalu menghadirkan produk-produk dan teknologi terbaru di bidan TI, khususnya hardware dan teknologi komputer. Tak terkecuali pada CeBIT 2009 kali ini yang menghadirkan banyak sekali produk baru. Di antaranya tentu saja core PC. Berikut akan saya berikan beberapa hardware terbaru yang dihadirkan pada CeBIT 2009 yang baru dihadirkan pada CeBIT 2009 yang baru saja berakhir 8 maret 2009 yang lalu.


ASUS Eee T91 dan Eee T101H Tablet PC

(ASUS T91 Tablet PC)
Salah satu yang menjadi produk andalan dari ASUS, yaitu Eee PC juga dihadirkan di sini, namun kali ini bukan Eee PC yang seperti biasa kita lihat, tetapi yang diperkenalkan adalah ASUS Eee PC T91 Tablet PC. Memang ini bukanlah produk pertama untuk seri mini-notebook, tetapi memang harus diakui produk ini terlihat cukup elegan. Produk ini menggunakan processor Intel Atom dengan kode Z520 yang lebih hemat daya, 8,9 inchi layar touch panel yang bisa diputar hingga 360 derajat, RAM 1 GB berjenis DDR2, SSd 16 GB yang bisa ditingkatkan hingga 16 GB lagi melalui slot SD Card yang disediakan dan 20 GB melalui ASUS Eee storage online. Spesifikasi tambahan seperti microphone, W-Lan 802.11 b/g/n, dan webcam 0.3MP. Operating system standar yang digunakan adalah Windows XP Home. Produk ini juga dilengkapi dengan pilihan optional GPS dan TV Tuner.

Untuk anda yang menginginkan layar lebih lebar, tersedia juga versi layar 10 inchi dari Eee T91 yang diberi nama berbeda yaitu Eee T101H. Spesifikasi yang dimiliki sama, tetapi processor yang digunakan sedikit lebih baik, yaitu Atom N270, webcam 1.3MP, dan layout keyboard yang berbeda. Media penyimpanan adalah 160 GB HDD dan 10 GBonline storage yang disediakan oleh ASUS Eee storage. Berat Eee T101H hanya 1,25 kg dan Eee T91 hanya 0,96 kg. Ringan bukan?

ASUS Eee Keyboard PC

(ASUS Keyboard PC)
Memang sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa inovasi produk-produk ASUS memang lain daripada yang lain. Kali ini dalam CeBIT mereka merilis sebuah produk yang dinamakan ASUS Keyboard PC. Dinamakan seperti ini memang secara desain bentuknya adalah sama dengan keyboard biasa. Tetapi uniknya, di sebelah kanan tombol-tombol keyboard ini ada layar sebesar 5 inchi dengan fungsi touch screen. Keyboard ini bekerja layaknya seperti sebuah PC. Secara lengkap spesifikasi keyboard PC ini adalah processor menggunakan Intel Atom Z520 1,6 GHz, RAM 1 GB dan media penyimpanan SSD 16 GB atau 32 GB. Konektivitas yang dimiliki adalah WiFi 802.11b/g/n, Bluetooth, dan wireless HDMI termasuk juga HDMI port dan VGA output.

ASUS Lamborghini VX5

(ASUS Lamborghini VX5)
Ingin memiliki laptop seperti sebuah mobil sport semacam Lamborghini? Rasanya produk ini tepat untuk Anda. Diluncurkan pada saat CeBIT, produk laptop premium dari ASUS ini memiliki desain bodi dan ergonomic yang hampir sama dengan mobil tersebut. Di dalamnya, Anda bisa menikmati layar 16 inchi full HD resolution dengan 2.0MP webcam. Untuk urusan video card dilengkapi dengan GeForce GT 130M dengan Video RAM 1 GB. Chipset yang digunakan adalah Intel P45M dengan processor Intel Core 2 Quad dan RAM sebesar 4 GB berjenis DDR3. Yang luar biasa adalah media penyimpanan yang memiliki kapasitas 1 TB SSD, ini adalah laptop pertama yang menggunakan media penyimpanan 1 TB. Pada optical drive, Anda diberikan langsung sebuah Blue-ray combo optical drive. Sungguh sebuah spesifikasi yang luar biasa. Kesemua itu bisa Anda peroleh dalam sebuah laptop dengan berat hanya 3,3 kg termasuk baterai. Produk ini akan resmi ada di pasaran pada pertengahan tahun ini, dengan biaya 2000 euro. Harga yang sangat mahal.

Gigabyte GA-GC-330UD Atom Board

(Gigabyte GA-GC-330UD Atom Board)
Selain perusahaan Intel yang menghadirkan board all in one dengan processor Atom sebagai processornya, pada CeBIT kali ini prusahaan Gigabyte juga melakukan hal yang sama. Gigabyte memperkenalkan produk board all in one bernama GA-GC-330UD. Selain tentunya dilengkapi dengan processor Atom, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan chipset i945. Fitur khusus dari Gigabyte yang terdapat pada board ini adalah fitur Ultra-Durable.

Gigabyte Mobile PC

(Gigabyte Touch Note M1028)

(Gigabyte Booktop M1022)


(Gigabyte Thin Note M1024)

(Gigabyte Notebook W376M)

(Gigabyte Notebook W476V)

(Gigabyte Notebook W576V)
Pada CeBIT kali ini juga, Gigabyte memamerkan koleksi seri mini notebook. Mereka langsung memamerkan 6 unit mobile PC dengan tipe yang berbeda. Produk-produk tersebut adalah Touch Note M1028, Booktop M1022, Thin Note M1024, Notebook W376M dan Notebook W476V serta W576V. masing-masing tipe unit memiliki spesifikasi yang berbeda. Touch Note M1028 dengan fungsi touch screen dan layar back swivel (bisa dilipat ke belakang), Booktop M1022 yang sudah dilengkapi dengan docking yang berfungsi juga sebagai charger dan bisa menjadikan laptop ini menjadi desktop PC dengan dockingtersebut, Thin Note M1024 dilengkapi dengan processor Atom yang dari sisi ukuran hanya memiliki ketebalan 20,8 mm dan berat hanya 890 gram. Sementara untuk jenis notebook W376M dikhususkan untuk entertainment, karena di dalamnya sudah tersedia TV Module. Untuk jenis Notebook W476V dan W576V memiliki spesifikasi yang sama yang keunggulannya ada pada nVidia graphic chipset dan fitur HDMI (high definition multimedia interface), perbedaan di antara kedua laptop ini hanya ada pada ukuran layar LCD yaitu, 14,1 inchi dan 15,1 inchi.


http://alpha-yuuki.blogspot.com/2009/08/cebit-2009.html


No comments:

Post a Comment