Monday, 28 May 2012

Cara membuat autonumber di excel 2010 (auto fill number)

Microsoft excel 2010 menyediakan fasilitas auto fill number (autonumber). Fitur ini dapat digunakan untuk melakukan pengisian angka secara otomatis, dengan syarat ada 2 buah sel yang telah terisi angka. Dengan melakukan drag maka secara otomatis sel yang berada dalam range yang terpilih akan terisi angka secara otomatis. Fitur autonumber ini cukup efektif digunakan jika mempunyai banyak sel yang angkanya berurut. Autonumber /auto fill ini saya posting karena dalam pembahasan tutorial excel 2010 akan banyak memakai fitur autonumber untuk memudahkan pengetikan.

Untuk lebih detail bisa lihat langkah pembuatannya berkut ini :

1. Buat dua buah angka pada sel 
Di sel A2 ketik angka 0 , kemudian di sel A3 ketik 15
Selanjutnya blok kedua sel tersebut (sel A2 dan A3), arahkan mouse pada pojok kanan bawah sel A3 (angka 15), tunggu hingga muncul tanda " +" warna hitam, drag secara vertikal hingga mencapai angka 360.



2. Dalam contoh ini hanya sampai pada angka 195 , untuk membatasi tampilan sceenshoot tidak terlalu panjang

2. Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini,

Tabel hasil autonumber di atas nantinya akan dibuat untuk kebutuhan menghitung sin cos tan sudut 0 hingga 360 derajat.

3. Contoh lainnya seperti di bawah ini akan dibuat autonumber dengan interval angka tiap sel adalah 1, Buat autonumber dari 1 hingga 255, nantinya akan digunakan sebagai data untuk membuat tabel ASCII.


3. Hail autonumbernya akan terlihat seperti di bawah ini (screenshoot dibatasi hingga angka 15 agar tidak terlalu panjang)


4. Setelah mampu menggunakan autonumber, maka dapat lebih mudah mengolah data untuk tutorial excel untuk pemula pada postingan mendatang.


http://www.webkomputer.com/2011/06/cara-membuat-autonumber-di-excel-2010.html

No comments:

Post a Comment

Post a Comment